images

DPTP Serius Kembangkan Tanaman Buah Naga


imagesKABARTEBO_Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (DPTP) Kabupaten Tebo, saat ini tengah gencar-gencarnya mensosialisasikan tanaman holticultura, salah satunya adalah tanaman buah naga yang terus direalisasikan kepada para petani di Kabupaten Tebo.

Kepala DPTP Tebo Ir. Sarjono mengaku, saat ini pihaknya memiliki sekitar 10.000 ribu bibit tanaman buah naga. Karena dalam pengembangan bibit tersebut tidak mengunakan anggaran subsidi, pihaknya akan menjual bibit tersebut kepada masyarakat umum seharga Rp 25.000 perbibit.

“Untuk masyarakat umum, bibit tersebut kita jual. Sedangkan untuk untuk kelompok tani terutama Kelompok Wanita Tani (KWT), bibit tersebut kita bagikan secara gratis,” terang Sarjono saat dikonfirmasi diruang kantornya, kemarin.

Dikatakannya juga, bibit tanaman buah naga yang diberikan secara gratis, jumlahnya dibatasi. Yaitu hanya lima bibit perorang dengan tujuan untuk femanfaatan lahan perkarangan.

“Jika lebih dari lima bibit, mereka harus beli. Pasalnya, lebih dari lima bibit berarti mereka sudah melakukan usaha, bukan untuk pemanfaatan lahan pekarangan. Inti tujuannya adalah untuk mengembangkan tanaman buah naga agar menyebar,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Sarjono, saat ini pihaknya tengah memfokuskan daaerah Kecamatan Rimbo Ilir dan sekitarnya untuk dijadikan sentra pengembangan tanaman buah naga.

“Saat ini kita sudah menyediakan lahan satu hektar lebih untuk pengembangan tanaman buah naga. Kebetulan, kita juga mendapat bantuan dari provinsi untuk pengembangan tanaman tersebut. Selain itu, kita juga sudah menanam sebanyak 400 batang buah naga di Unit 7 Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang,” pungkasnya. @kabartebo

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s